Tuesday, March 18, 2014

Teluk Kiluan Memberikan Pesona Alam yang Menakjubkan








Sebagai pintu gerbang selatan Sumatera, Propinsi Lampung merupakan wilayah yang strategis dan banyak memiliki potensi wisata alam, serta budaya masyarakat yang menjadi  aset wilayah cukup besar untuk dikembangkan. Salah satunya ialah ekositem terumbu karang yang ada di perairan teluk lampung yang merupakan tempat hidup berbagai jenis organisme laut pada tingkatan invertebrata seperti moluska, crustacea, dan jenis-jenis hewan bertulang belakang, seperti ; ikan karang, penyu, dan mamalia laut. Terumbu karang bisa disamakan dengani hutan tropis di daratan yang dihuni oleh ribuan jenis flora dan fauna. Di daerah laut tropis, terumbu karang adalah pusat keanekaragaman hayati yang dihuni ribuan jenis binatang dan tumbuhan. Contohnya saja Teluk Kiluan.




Teluk Kiluan memberikan pesona alam yang luar biasa ketika kita memandangnya. Kita dapat melihat bahwa potensi alam yang ada disana cukup besar, yakni ; Laguna, Air Terjun, Pasir putih, Pulau hiu, terumbu karang, dan yangterutama yang menjadi icon di Kiluan Bay adalah keindahan yang ditampilkan oleh aksi lumba-lumba jenis hidung botol yang hidup secara alami. Lumba-lumba ini setiap malamnya bermigrasi ke Teluk Kiluan dan ketika menjelang pagi, sekitar jam 6, lumba-lumba itu mulai pergi ke arah samudera untuk mencari makanannya.

Selain itu, kita masih dapat menikmati keindahan Teluk Kiluan sambil memancing ikan yang ada di perairannya. Dari hasil tangkapan nelayan mereka yang dijual kepasaran, disini banyak dijumpai ikan tuna, sambilang, ikan lemadang, dan terkadang terdapat blue marlin juga terkadung musing angin dan persebaran plankton di daerah ini.


No comments:

Post a Comment